Ads

Sunday, December 16, 2012

Ceramah : 13 Sifat Laki-laki Yang Tidak Disukai Perempuan


Assalammualaikum wr.wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat ilahi rabbi yang telah memberikan rahmatnya sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang sederhana ini dalam keadaan sehat walafiat.
            Hadirin yang berbahagia,
            Pada kesempatan ini saya akan membawakan sebuah ceramah yang berjudul 13 Sifat Laki-laki Yang Tidak Disukai Perempuan. Perhatikanlah sifat-sifat berikut yang secara umum sangat tidak disukai oleh para istri atau kaum wanita.
            Sifat yan pertama adalah tidak punya visi. Setiap kaum wanita merindukan suami yang mempunyai visi hidup yang jelas. Bahwa hidup ini diciptakan bukan semata untuk hidup. Melainkan ada tujuan mulia terkandung dalam surah An-Nisa:1
Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Tuhan-Mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan)nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan ( periharalah)hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”.
            Namun yang banyak terjadi kini adalah bahwa banyak kaum lelaki atau para suami yang menutup-nutupi kemaksiatan. Sungguh tidak sedikit rumah tangga yang hancur karena keberanian para suami berbuat dosa. Padahal dalam masalah pernikahan Nabi bersabda :”Pernikahan adalah separuh agama, maka bertaqwalah pada separu yang tersisa”.

            Kedua kasar. Sebuah riwayat dikaakan bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Ini menunjukkan bahwa tabiat wanita dan laki-laki berbeda. Jika wania dipaksa untuk menjadi seperti laki-laki maka tulang rusuk itu akan patah. Karena itu Allah memerintahkan para suami secara khusus meyingkapi para istrinya dengan lemah lembut: Wa’aasyiruuhunna bil ma’ruuf(Dan sikapilah para istri itu dengan perlakuan yang baik).
            Ketiga sombong. Sombong adalah sifat setan. Allah melaknat Iblis karena kesombongannya. Tidak ada seorang makhluk pun yang berhak sombong. Wanita adalah makhluk yang lembut. Kesombongan sangat bertentangan dengan kelembutan wanita. Karena itu pra istri tidak suka mempunyai suami sombong.
            Keempat tertutup. Nabi saw adalah contoh suami yang baik. Nabi sangat terbuka kepada istri-istrinya. Bila hendak bepergian dengan salah seorang istrinya, Nabi melakukan undian, agar tidak menimbulkan kecemburuan dari yang lainnya. Bila ingin mendatangi salah seorang istrinya, ia izin terlenih dahulu kepada lain. Perhatikan betapa Nabi sangat terbuka dalam menyingkapi para istri. Kini banyak kejadian para suami menutup-nutupi perbuatannya diluar rumah. Sikap seperti ini sungguh tidak disukai oleh para wanita. Banyak para istri yang tersiksa karena sikap suami yang begitu tertutup.
            Kelima plinplan. Setiap wanita sangan mendambakan seorang suami yang mempunyai pendirian. Bukan suami yang plinplan. Tapi bukan diktator. Tegas dalam art punya sikap dan alasan yang jelas dalam mengambil keputusan. Tetapi disaat yang sama ia bermusyawarah, lalu maenentukan tindakan yang harus dilakukan dengan penuh keyakinan.
            Keenam pembohong. Banyak kejadian para istri yang tersiksa karena sang suami suka berbohong. Tidak mau jujur atas perbuatannya. Kebohongan adalah sikap yang paling Allah benci. Tidak sedikit rumah tangga yang bubar karena kebohongan para suami. Ingat bahwa para istri tidak hanya membutuhkan uang dan kemewahan. Melainkan lebih dari itu ingin dihargai.
            Ketujuh cengeng. Para istri ingin suami yang tegar, bukan suami yang cengeng. Abu Bakar Shidiq adalah contoh suami yang sering menangis. Tetapi a menangis karena sentuhan ayat-ayat Al-Quran bukan karena cengeng.Abu Bakar sangat tegar dan penuh keberanian. Lihat betapa berani saat dia menghadap para pembangkang (murtaddin), Abu Bakar sangat tegar dan tidak sedikitpun gentar. Suami yang cengeng nampak didepan istri serba tidak meyakinkan. Para istri suka suami yang gagah tapi tidak sombong.
            Kedelapan pengecut. Para istri sang tidak suka suami yang pengecut. Mereka suka pada suami yang pemberani. Sebab tantangan hidup sangat menuntut keberanian. Tetapi bukan nekad, melainkan berani dengan penuh pertimbangan yang matng.
            Kesembilan pemalas. Malas telah membuat orang tidak produktif. Banyak sumber-sumber rejeki yang tertutup karena kemalasan seorang suami. Suami yang pemalas keberadaannya dirumah hanya menambah masalah bukan memecahkan masalah.
            Kesepuluh cuek pada anak. Mendidik anak tidak hanya tanggung jawab istri melainkan tanggung jawab suami. Kini kita banyak menyaksikan seorang ayah sangat cuek pada anaknya. Ia beranggapan bahwa mengurus anak adalah pekerjaan istri. Sikap seperti ini tidak disukai istri.    
            Kesebelas menang sendiri. Setiap manusia mempunyai perasaan ingin dihargai pendapatnya. Begitu juga seorang istri. Banyak istri yang tersiksa karena sikap suami yang ingin menang sendiri. Seorang suami hendaklah bersikap lapang dada. Tidak ada artinya merasa menang sendiri didepan istri. Karena itu sebaik-baik sikap adalah mengalah dan bersikap perhatian penuh kebapakan.
            Keduabelas jarang komunikasi. Para istri merasa kesepian ketika sang suami berada diluar rumah. Sebaik-baiknya suami adalh selalu mengontak sang istri. Entah dengan cara menelpon atau sms. Sering bekomunikasi adalah sangat menentukan dalam kebahagiaan rumah tangga.
            Ketigabelas tidak rapi dan tidak harum. Para istri menyukai suami yang selalu berpenampilan rapi. Kerapian adalh bagian dari iman. Bagi para istri kerapian dan keharuman adalah cermin pribadi istri. Sungguh sangat tersinggung dan tersiksa seorang istri, ketika melihat suaminya sembarangan dalam penampilannya dan menyebarkan bau yang tidak enak.
            Kesimpulan dari ceramah tadi, para istri atau kaum wanita adalah manusia yang juga mempunyai hak tidak suka kepada laki-laki karena beberapa sifatnya. Karena itu kaum lelak tidak boleh egois, dan merasa benar. Melainkan juga harus memperhatikan dirinya, sehingga ia bisa benar-benar tampil lebih baik. Baik dimaa Allah, maupun dimata manusia, lebih-lebih dimat istri. Ingat istri adalah sahabat terdekat, tidak saja di dunia melainkan sampai surga.
            Ceramah yang saya sampaikan dicukupkan sekian, mohon maaf apabila ada kesalaan. Marilah kita tutup dengan doa mudah-mudahan apa yang disampaikan tadi dapat bermanfaat.amien.


            Wassalammualaikum Wr. Wb

0 komentar:

Post a Comment